• Jumat, 9 Desember 2022

Kenali dan Pahami Berbagai Jenis Injeksi Bahan Bakar Kendaraan Anda

- Minggu, 6 November 2022 | 11:00 WIB
ilustasi mesin mobil (Markus Spiske on Unsplash)
ilustasi mesin mobil (Markus Spiske on Unsplash)

Indonewstoday.com - Sebagian besar mobil bensin baru saat ini yang Anda lihat sekarang sudah dilengkapi dengan sistem injeksi berbahan bahan bakar atau motor injektor. Hal ini hampir seluruhnya menggantikan motor yang menggunakana karburator tua. Mereka lebih bisa dihandalkan, efektif, dan juga ramah lingkungan. Beberapa macam jenis injeksi bahan bakar itu berbeda dalam mekanisme dan prinsip kerja. Kami disini akan membicarakan sebagian besar dari mereka dalam artikel ini.

Apa itu Injeksi Bahan Bakar?
Fuel Injection adalah suatu proses memasukkan bahan bakar kedalam mesin pembakaran internal. Mesin diesel (pengapian kompresi) dan juga bensin (pengapian percikan) mempunyai sistem injeksi bahan bakarnya masing-masing, memberikan injeksi bahan bakar dengan porsi melalui nozel kecil dibawah tekanan yang cukup tinggi di ruang pembakaran. Pada awalnya, pabrikan semuanya menggunakan sistem injeksi bahan bakar dalam suatu penerbangan untuk membantu sang pilot menjalankan mesin diposisi pesawat apa pun. Mobil penumpang diesel adalah produksi massal yang pertama muncul ditahun akhir 1930-an dengan menggunakan injeksi bahan bakar. Sistem injeksi pertama tidak efisien, sehingga dengan sangat cepat disusul oleh motor yang menggunakan karburator.

Baca Juga: Catat !!! Tanggal Gerhana Bulan Total November 2022

Karburator Vs Injektor
Karburator adalah sebuah perangkat yang mencampur antara udara dan juga bahan bakar dalam rasio yang dibutuhkan sebelum membiarkannya masuk ke ruang pembakaran. Secara teknis sangat sederhana, murah, mudah perawatannya, dan tentu saja yang terpenting ialah tidak membutuhkan listrik.Sebaliknya, Injektor memakai hisap udara alami mesin. Sebelum era baru microchip dan juga elektronik otomotif yang rumit, karburator ini sangat mendominasi pasar. Tapi mulai tahun 1980-an, teknologi seperti injektor ini kembali muncul dan mampu bersaing di pasar.

Karburator masih digunakan namun dalam sebuah mesin yang lebih sederhana seperti skuter, perahu motor, gergaji mesin, atau juga mesin pemotong rumput. Sistem injektor yang modern itu dikendalikan secara elektronik. Mereka jauh lebih akurat dan juga bisa mengatasi standar emisi yang ketat. Mereka bisa membantu Anda dalam menghemat bahan bakar, dan memberikan lebih banyak tenaga lagi pada kecepatan engine yang lebih rendah, serta meningkatkan stabilitas secara keseluruhan.

Baca Juga: Simak Fitur Apa Saja Yang Ada di iPhone 14 Yang Baru Membuka Pre Order

Jenis Injeksi
Anda bisa mengklasifikasikan sistem injeksi bahan bakar dengan menurut karakteristik yang berbeda-beda. Hal semcam ini termasuk pembentukan campuran udara-bahan bakar pada eksternal atau internal, jumlah titik injeksi (nozel), dan juga injeksi langsung ataupun tidak langsung masuk ke ruang pembakaran atau tidak. Ada tiga jenis yang utama yang digunakan pada mobil modern yang harus Anda ketahui:

- Injeksi titik tunggal
- Injeksi multi-titik
- Injeksi langsung

Injeksi Titik Tunggal
Single-point adalah sebuah sistem injeksi yang paling sederhana dan bahkan paling awal yang menggantikan sistem karburator di tahun 80-an. Mereka cukup ketinggalan jaman, meskipun ini hanya memakai satu nozzle di throttle body, yang menyemprotkan bahan bakar ke intake manifold yang dipakai bersama oleh semua silinder.

Campuran udara dan juga bahan bakar disini pergi ke silinder melalui katup masuk. Sistem ini jauh lebih presisi jika dibandingkan dengan karburator dan bahkan tidak membutuhkan perubahan mesin yang signifikan. Sekarang telah dianggap dibawah standar lingkungan dan bahkan tidak bisa dihandalkan, dikarenakan putusnya satu nosel yang menghancurkan seluruh sistem.

Halaman:

Editor: Erik Priana

Sumber: jdpower.com

Tags

Terkini

Chat Pada Google Messages Akan Menjadi Lebih Aman

Senin, 5 Desember 2022 | 13:47 WIB

Cari Set Top Box, Coba Merk STB Ini Cuman 200 ribuan

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:30 WIB

Bocoran dan Rumor Produk Terbaru OnePlus 11

Sabtu, 19 November 2022 | 23:34 WIB
X