BPJS Kesehatan: Berapa Besar Iuran yang Harus Dibayar oleh Peserta PBPU, BP, dan PBI?

- Senin, 16 Januari 2023 | 23:26 WIB
Tarif BPJS Kesehatan/ JKN Mengalami Penyesuaian  Tarif Untuk Pertamakalinya dalam 7 Tahun. (Indonewstoday.com / Imad / Sehat Negeriku)
Tarif BPJS Kesehatan/ JKN Mengalami Penyesuaian Tarif Untuk Pertamakalinya dalam 7 Tahun. (Indonewstoday.com / Imad / Sehat Negeriku)

INDONEWSTODAY.COM - Iuran BPJS Kesehatan dibagi menjadi beberapa jenis kepesertaan yaitu PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah) dan BP (Bukan Pekerja), hal ini mempegaruhi biaya iuran yang dibayarkan.

Untuk jenis kepesertaan PBPU dan BP, peserta dapat memilih besaran iuran BPJS Kesehatan sesuai yang dikehendaki.

Iuran BPJS Kesehatan terdiri dari Kelas 1 sebesar Rp. 150.000 per orang per bulan, kelas 2 sebesar Rp. 100.000 per org per bulan dan kelas 3 sebesar Rp. 35.000 per org per bulan.

Baca Juga: Cek BPJS Aktif atau Tidak dengan Mudah Melalui Aplikasi Mobile JKN: Cara dan Langkah-Langkahnya

Namun, besaran iuran BPJS Kesehatan ini dapat berubah setiap tahun sesuai dengan kebijakan pemerintah apakah diperlukan perubahan kembali berdasarkan peraturan yang berlaku.

Sedangkan untuk peserta PBI (Program Keluarga Harapan), iurannya sebesar Rp. 42.000 dibayarkan oleh Pemerintah Pusat dengan kontribusi Pemerintah Daerah sesuai kekuatan fiskal tiap daerah.

Namun, untuk iuran BPJS Kesehatan peserta PBI yang ditanggun oleh beberapa pemerintah daerah dapat memberikan kontribusi lebih untuk program PBI.

Baca Juga: Review Micellar Cleansing Somethinc dan Wardah: Sama-sama Brand Lokal Namun Apa Yang Membedakan?

Peserta dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui berbagai cara seperti melalui ATM, internet banking, atau mengunjungi kantor BPJS Kesehatan secara langsung.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: BPJS Kesehatan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kostum Hari Valentine 2023 Terbaik untuk Kamu Pakai

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:29 WIB

Twibbon Happy Valentine Day 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 07:30 WIB
X