Bagaimana Membuat Ending Novel Yang Menarik? Ternyata Begini Loh...

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:36 WIB
Ilustrasi Bagaimana Membuat Ending Novel Yang Menarik (Foto : Canva)
Ilustrasi Bagaimana Membuat Ending Novel Yang Menarik (Foto : Canva)

Indonewstoday.com - Bagaimana Membuat Ending Novel Yang Menarik? Bagaimana biar ending naskah kita menarik, banyak netizen yang menanyakan hal ini masuk ke redaksi tim Indonewstoday.

Sebuah cerita tentu saja memiliki akhir (ending), namun bagaimana ending itu mampu menyentuh dan memberi kesan kepada pembaca tentu saja kita juga harus memahami benar apa yang kita tuju dari kisah itu.

Lebih singkatnya kita bagi beberapa tips dari beberapa jenis gaya atau alur penceritaan.

Tips Membuat Ending Novel Yang Memikat

Jika naskahmu memiliki pesan agar pembacamu tahu bahwa suatu hal itu sangat berarti, misalnya kamu menulis tentang pahitnya kesetiaan yang dikhianati, maka ending cerita akan terasa lebih kuat jika mampu membawa pembaca merasakan sakit hati.

Baca Juga: Sejarah dan Makam Karomah Syekh Yusuf Al Makassari di Afrika

Kenapa? Karena sejak awal kamu sudah mencoba menggiring pembacamu untuk memahami pesan dan rasa yang kamu selipkan dari kisah itu.

Dengan penempatan ending yang bikin sakit hati pembaca maka emosi dan psikologi mereka akan jatuh di akhir cerita, ini membuat mereka begitu tersentuh oleh ceritamu.

Jenis cerita ini juga bisa diakhiri dengan sebuah ending yang menggantung, karena emosi yang ada dari tema ini adalah tentang pengembalian kepada diri pembaca itu sendiri, bagaimana ia berharap seperti apa kisah itu berakhir.

Baca Juga: Rudal Petir V-101, Bukti Kekuatan Industri Pertahanan Indonesia

Jika naskahmu memiliki pesan agar pembacamu bersemangat dan terinspirasi dari kisah yang kamu tulis, maka coba buat ending kisahmu dengan sebuah hal yang sedih namun juga memiliki kekuatan sebagai kenangan.

Halaman:

Editor: Guntur Sapta Perkasa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kostum Hari Valentine 2023 Terbaik untuk Kamu Pakai

Jumat, 3 Februari 2023 | 21:29 WIB

Twibbon Happy Valentine Day 2023

Rabu, 1 Februari 2023 | 07:30 WIB
X