• Minggu, 4 Desember 2022

Profil Verawaty Fajrin, Srikandi Legenda Bulutangkis Indonesia

- Minggu, 21 November 2021 | 17:34 WIB
Verawaty Fajrin pebulutangkis juara dunia Indonesia yang meninggal dunia. (SM Banyumas/dok twitter Sandiaga Uno)
Verawaty Fajrin pebulutangkis juara dunia Indonesia yang meninggal dunia. (SM Banyumas/dok twitter Sandiaga Uno)

Indonewstoday.com - Jakarta. Verawaty Fajrin, juara dunia bulutangkis telah berpulang menghadap Allah SWT. Pebulutangkis legendaris yang dimiliki oleh Indonesia yakni Verawaty Fajrin tercatat memiliki segudang prestasi saat mewakili Indonesia di ajang bulutangkis dunia.

Mantan pemain bulutangkis dunia kelahiran Jakarta itu sempat menyabet sekali juara dunia  di tahun 1980. Verawati lahir di Jakarta pada tanggal 1 Oktober 1957. Nama lengkapnya adalah Verawaty Wiharjo.

Nama belakangnya diganti setelah ia menikah dengan sang suami dimana pergantian nama itu bukan tanpa sebab Herawati mengganti namanya setelah memeluk agama Islam pada bulan April tahun 1979.

Baca Juga: Liverpol vs Arsenal Pekan Ini : Arsenal Sedang On Fire Melawan Tembok Liverpool

Semasa karir bulutangkis nya ia rutin mengumpulkan segudang prestasi yang berasal dari nomor tunggal putri dan ganda campuran. Total ia telah menyumbangkan sebanyak 11 medali emas untuk negara Indonesia. Prestasi yang tertinggi ia ukir pada tahun 1979.

Dirinya sukses menjuarai All England berpasangan dengan Imelda Wiguna dan setahun setelah itu ia pun juga naik ke podium pertama tunggal putri kejuaraan dunia tahun 1980 yang diadakan di Jakarta.

3 tahun kemudian Verawati sempat vakum dari hingar bingar dunia bulutangkis hingga tahun 1985. Kemudian ia kembali aktif bertanding mengejar trofi berikutnya sebelum ia menjalani penampilan yang terakhir di pentas bulu tangkis internasional pada tahun 1989.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan Dan Daya Tahan Tubuh Di Kala Musim Hujan

Verawaty sempat menjuarai Piala Sudirman, saat itu rombongan yang berisi pemain seperti Susi Susanti, Hartono, Rudy Gunawan, Kusmiati dan Edi Kurniawan tampil sangat perkasa di Jakarta. Saat ini atlet kebanggaan Indonesia tersebut telah berpulang ke hadapan Allah SWT dikarenakan sakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Halaman:

Editor: Fauzi Rony

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Pertandingan BRI Liga 1 Pekan Ke-12

Minggu, 4 Desember 2022 | 14:35 WIB

Rebellion Zion putus kontrak Fearless

Jumat, 2 Desember 2022 | 20:43 WIB
X