Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ; Gunung Semeru Naik Status AWAS

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:49 WIB
Gunung Semeru Naik Status menjadi AWAS (Indonews Today)
Gunung Semeru Naik Status menjadi AWAS (Indonews Today)

Indonewstoday.com - Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa saat ini sedang terjadi erupsi kembali. Gunung Api Semeru terletak di Kab\Kota Lumajang, Malang, Jawa Timur dengan posisi geografis di Latitude -8.108°LU, Longitude 112.92°BT dan memiliki ketinggian 3676 mdpl

Hasil analisis pemantau secara visual dan kegempaan menunjukan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari Level III (SIAGA) menjadi Level IV (AWAS), terhitung mulai tanggal 4 Desember 2022 pukul 12.00 WIB 

Dikutip dari BBTN Bromo Tengger Semeru, pada hari ini (04/12) pukul 12.00 WIB, Gunung Semeru naik status menjadi Level IV (Awas), dari sebelumnya Level III (Siaga).

Baca Juga: Memahami Flu Pada Anak dan Obat Flu Yang Direkomendasikan

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menghimbauan kepada masyarakat:
1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 19 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
2. Tidak beraktivitas dalam radius 8 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).
3. Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perspektif Pegawai Honorer yang Tidak Lulus PPPK

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:16 WIB

Prospek Angkatan Honorer ke PNS pada Tahun 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:09 WIB

Nasib Tenaga Honorer Terancam Dihapus November 2023

Kamis, 2 Februari 2023 | 22:42 WIB
X