• Jumat, 9 Desember 2022

Apa Saja Pesan Menparekraf Sandiaga Uno dalam Sidang Umum PBB?

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 08:57 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menjabarkan poin penting dalam sidangPBB  (Instagram @sandiuno)
Menparekraf Sandiaga Uno menjabarkan poin penting dalam sidangPBB (Instagram @sandiuno)

Indonewstoday.com- Pada 4 Mei 2022 waktu setempat, Menparekraf Sandiaga Uno memberikan sambutan di event 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang diadakan oleh United Nations General Assembly di UN General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat.

Menparekraf menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi perhatian pemerintah Indonesia terkait sektor Parekraf pascapandemi.

1.Membangun Ekosistem Parekraf Berkelanjutan

Dengan pariwisata global yang mulai tumbuh pascapandemi, penting bagi setiap negara untuk mengubah konsep industri pariwisata yang lebih berkelanjutan.

Indonesia sendiri mengalami tren positif dalam perjalanan dan pariwisata global dengan pertumbuhan 130 persen pada Januari 2022, dibandingkan dengan tahun 2021.

Pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan harus dibangun secara holistik, dengan memperhatikan isu lingkungan, budaya lokal, tradisi, serta mencari titik keseimbangan antara pariwisata massal dengan pariwisata berkualitas.

2. Pentingnya Peran Multi Stakeholder Wujudkan Pariwisata Berkelanjutan

Untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan, dibutuhkan elemen-elemen yang saling berhubungan, salah satu yang terpenting adalah pendekatan multi-stakeholder.

Sektor publik maupun swasta perlu berkolaborasi satu sama lain, serta melibatkan masyarakat lokal.

Selain itu, diperlukan juga tujuan yang terukur dan metrik yang sebanding, untuk pembangunan jangka panjang dan akuntabilitas pariwisata berkelanjutan.

Halaman:

Editor: Mila Miza

Sumber: Kemenparekraf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X