• Jumat, 1 Juli 2022

Gawat , Rocky Gerung Anggap Ada Media Asing Yang Beritakan Indonesia Bangkrut

- Jumat, 15 April 2022 | 19:49 WIB
Polemik Pembangunan Ibu Kota Negara, Rocky Gerung : Sinyal Buruk Perekonomian Indonesia/fajar
Polemik Pembangunan Ibu Kota Negara, Rocky Gerung : Sinyal Buruk Perekonomian Indonesia/fajar

Media internasional soroti pembangunan ibu kota negara (IKN) yang terletak di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur  terutama media dari Eropa dan Amerika.

Saat ini pemerintahan Jokowi memang sedang membangun ibukota baru disana.

Namun, pembangunan tersebut belum jelas pelaksanaannya karena pemerintah disebut-sebut mencari investor untuk mendukung proyek di Kalimantan Timur itu.

Baca Juga: 7 Cara untuk Meningkatkan Motivasi Anda

Pencarian investor dilakukan karena menurut perhitungan pemerintah, APBN tidak mampu menanggung biaya pembangunan tanpa suntikan dana dari investor.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Pikiran-rakyat.com dengan judul "Rocky Gerung Klaim Ada Media Asing yang Beritakan Indonesia Akan Bangkrut"


Untuk mengatasi permasalahan ekonomi tersebut, pemerintah kemudian mengambil langkah untuk membiayai pembangunan IKN dengan cara crowdfunding yang kembali menuai kontroversi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah mencadangkan anggaran Rp27-30 triliun dari dalam APBN 2023 untuk pembangunan IKN Nusantara.

Baca Juga: Kabar Baik! Update Vaksinasi Booster di Indonesia

"Kita juga di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan belanja pembangunan ibu kota negara baru yaitu Rp27-30 triliun dalam rangka membangun infrastruktur dasar," kata Sri Mulyani usai rapat terbatas rancangan kerja pemerintah dan pagu indikatif tahun 2023 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 14 April 2022 seperti dilaporkan Antara.

Pembangunan IKN hingga saat ini masih menuai pro dan kontra, baik dalam segi ekonomi, politik, hingga ke tanah adat.


Bahkan, rencana pembangunan IKN turut disorot oleh media internasional yang menitikberatkan pada kondisi ekonomi Indonesia.

Baca Juga: Apakah Kamu Mau Mudik Lebaran tahun 2022, Cek Syaratnya ya!

"Ada sekira lima koran di luar negeri, Eropa dan Amerika itu mempersoalkan IKN. Jadi mereka memperlihatkan bahwa ini sinyal buruk bagi perekonomian Indonesia," kata pengamat politik, Rocky Gerung dikutip Pikiran-Rakyat.com dari YouTube miliknya..

Disebutkan Rocky Gerung, media dari Eropa dan Amerika tersebut memprediksi jika Indonesia akan mengalami kebangkrutan apabila pemerintah tetap memaksakan pembangunan IKN.

"Indonesia akan bangkrut karena bikin mercusuar itu. Sama seperti kerajaan Babilonia bangkrut karena bikin Menara Babel, sama seperti raja-raja dulu yang bikin istana terus bangkrut. Jadi landasan dari fondasi itu bukan lagi semen, melainkan tulang belulang manusia," ujar Rocky Gerung.***

Editor: Fauzi Rony

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beauty Class di Unpam Hadirkan Puteri Indonesia

Senin, 6 Juni 2022 | 15:01 WIB
X