Ini Dia Posisi Tidur yang Ideal dan Nyaman Untuk Mencegah Kamu Mengalami Heartburn

- Jumat, 4 November 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi Panas Dalam/Pixabay/naturalherbclinic
Ilustrasi Panas Dalam/Pixabay/naturalherbclinic

INDONEWSTODAY.COM - Refluks asam suatu kondisi pencernaan, yang mana asam lambung seseorang mengalir kembali ke kerongkongan dari lambung.

Hal tersebut ini akan menyebabkan sensasi terbakar di bagian dada, yang kita kenal sebagai 'heartburn' dengan gejala-gejalan lainnya dan termasuk regurgitasi makanan atau juga cairan asam, batuk, kesulitan menelan dan nyeri dada.

Refluks ialah normal, tetapi serangan berulang-ulang bisa menyebabkan berujungnya pada komplikasi serius, dimulai dari kerusakan pada kerongkongan dan bahkan sampai peningkatan resiko seseorang terkena kanker kerongkongan.

Baca Juga: Terapi Subsitusi untuk Pengobatan Penderita Hipotiroid Anak

Dikutip dari Mayo Clinic, heartburn sendiri ialah rasa sakit yang membakar pada dada seseorang, tepatnya di belakang tulang dada.

Rasa sakit tersebut biasanya sering memburuk setelah seseorang mengkonsumsi makanan di malam hari atau saat seseorang berbaring dan membungkuk.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Untuk Pengusaha Dalam Mengelola Waktunya dengan Baik

Seringkali heartburn ini juga menyebabkan rasa terbakar pada bagian tenggorokan seseorang, bersama dengan rasa panas dan asam dibagian belakang tenggorokan. Selain itu, mungkin juga seseorang akan merasa kesulitan saat menelan makanan.

Biasanya heartburn itu terjadi pada saat asam lambung menguat di perut, yang sering terkandung, sehingga menjadi tak terkendali dan pada akhirnya mengalir kembali ke area kerongkongan.

Di bagian bawah kerongkongan seseorang terdapat katup, yang mana biasa kita sebut dengan nama sfingter esofagus. Yang artinya membuka untuk membiarkan makanan-makanan masuk kedalam dan kemudian menutup untuk menjaga supaya isi lambung tetap teratur.

Halaman:

Editor: Erik Priana

Sumber: Mayo Clinic

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X