• Jumat, 9 Desember 2022

Oleh-Oleh Bubur Grendul khas Indramayu, Kenyal dan Legit

- Kamis, 24 November 2022 | 06:00 WIB
Oleh-Oleh Bubur Grendul khas Indramayu, Kenyal dan Legit (Erik Priana )
Oleh-Oleh Bubur Grendul khas Indramayu, Kenyal dan Legit (Erik Priana )

Indonewstoday.com - Bubur Gintir atau Bubur Grendul adalah salah satu makanan khas Indramayu yang wajib kamu cicipi. Grendul bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternatif pilihan buah tangan untuk keluarga dirumah.

Jajanan tradisional ini memang agak sedikit susah ditemukan, bubur grendul sendiri biasanya ada ketika di hari-hari besar, acara tradisi adat dan lain sebagainya. Namun, terkadang biasanya bubur gintir atau grendul ini dijual di pinggir-pinggir jalan dan juga di pasar tradisional.

Baca Juga: Resep Kailan Cah Bawang Putih Simpel, Lezat dan Nikmat

Indramayu memiliki makanan-makanan khas tradisional yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner, seperti es cuwing, wajik, kembang pari dan lain sebagainya.

Saat kamu berada di daerah kota Indramayu, cobalah untuk memborong dan mencicipi rasa bubur gintir yang sangat manis, enak, kenyal dan bikin seger dimulut. Namun jika kamu tidak menemukan menu tradisional yang satu ini, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Resep Bubur Grendul ini terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk bulat, lalu direbus dengan gula merah sampai matang. Kemudian untuk penyajian grendul, siram dengan kuah santan atau buat yang suka dingin bisa ditambahkan es batu supaya lebih segar rasanya.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Minuman Es Oyen Kekinian

Biasanya, bagi warga indramayu sendiri bubur grendul tersebut bisa dijadikan sebagai menu makanan utama disaat petani akan memanen padi serta dibagikan kepada tetangga-tetangga sebagai bentuk rasa syukur dikarenakan hasil panen padi yang melimpah.

Editor: Erik Priana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X