Dari Mana Asal Getuk Lindri? Jawabannya Ada Disini!

- Minggu, 20 November 2022 | 09:41 WIB
Dari Mana Asal Getuk Lindri? Jawabannya Ada Disini! (Erik Priana )
Dari Mana Asal Getuk Lindri? Jawabannya Ada Disini! (Erik Priana )

Indonewstoday.com - Getuk adalah jajanan tradisional khas Jawa Tengah. Getuk juga tidak hanya terkenal di wilayah Jawa saja, tetapi nama getuk sudah menyebar luas di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Di era serba modern sekarang ini, getuk sendiri sudah banyak modifikasinya menjadi beragam macam jenis varian, dan semuanya hampir digemari oleh semua kalangan.

Getuk itu merupakan makanan ringan (jajanan pasar tradisional) yang terbuat dari singkong. Getuk ini umumnya banyak sekali ditemukan di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat dan juga Jawa Timur.

Baca Juga: Oleh-Oleh Blengep Cotot khas Indramayu, Kenyal, Manis dan Gurih

Getuk lindri adalah jajanan tradisional yang bahan dasarnya sama saja dengan getuk. Bedanya, kue getuk lindri memiliki tampilan yang jauh lebih menarik, karena biasanya camilan getuk lindri ini diberi pewarna makanan serta terdapat taburan gula dan parutan kelapa.

Sejarah dan Asal-Usul Getuk Lindri

Getuk lindri merupakan makanan tradisional yang menjadi sebuah kebanggan bagi masyarakat Magelang, Jawa Tengah. Tetapi sekarang ini, jajanan pasar yang satu ini hampir bisa ditemukan diseluruh pulau Jawa, Indonesia.

Baca Juga: Cara Membuat Cemilan Ala Street Food Korea: Gimmari, Gorengan Rumput Laut Korea

Kuliner tradisional yang satu ini sangat disukai sekali oleh kalangan bangsawan, petani maupun juga pedagang, karena rasanya yang sangat manis dan juga gurih. Tidak cuma sekedar makanan rakyat saja, getuk lindri sendiri memiliki sejarah dan filosofinya.

Menurut orang tua zaman dulu, dahulu di masa penjajahan Jepang, masyarakat kota Magelang sulit sekali mengkonsumsi beras, disebabkan ketersediaannya sangat langka.

Jadi, mereka pun akhirnya memanfaatkan ketela pohon (singkong) untuk dijadikan sebagai makanan pokok bagi mereka, dikarenakan pada saat itu, ketela atau singkong banyak tumbuh disekitaran rumah mereka.

Baca Juga: Resep Minuman Es Selendang Mayang Super Kenyal, Enak dan Menyegarkan

Selain bersejarah, getuk lindri mempunyai makna dan juga filosofi yang tinggi yakni mengenai kesederhanaan atau apa adanya. Bukan hanya itu saja, bentuknya yang memiliki warna-warni ini menggambarkan sesuatu yang disukai, menarik serta bermanfaat.

Editor: Erik Priana

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow! Nikmati Takjil Paling Digemari di Bulan Puasa

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:02 WIB
X