Mengukur Detak Jantung: Mengapa Hal Ini Penting untuk Kesehatan Jantung Anda

- Jumat, 20 Januari 2023 | 17:46 WIB
Ilustrasi Cara Mengukur Detak Jantung Melalui Smartwatch Secara Mandiri (Indonewstoday.com / Imad / Canva)
Ilustrasi Cara Mengukur Detak Jantung Melalui Smartwatch Secara Mandiri (Indonewstoday.com / Imad / Canva)

INDONEWSTODAY.COM - Mengetahui detak jantung normal Anda sangat penting, karena ini dapat membantu Anda dalam memantau perubahan yang mungkin menandakan masalah kesehatan.

Menurut Dr. Ann, "Saat Anda mengukur detak jantung Anda, ada dua statistik utama yang Anda cari: detak jantung istirahat dan detak jantung target. Keduanya dapat memberi tahu Anda tentang fungsi jantung dan kondisi fisik Anda. Dan mengetahui detak jantung target Anda memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana jantung Anda merespons olahraga, sehingga Anda dapat menjadi lebih sehat dengan aman tanpa berlebihan.

Mengukur detak jantung Anda sangat mudah dilakukan, bahkan dengan menggunakan perangkat elektronik seperti smartwatch atau aplikasi ponsel.

Baca Juga: Kegagalan Uji Coba Vaksin HIV Mosaico: Apa yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Anda juga dapat mengukur detak jantung Anda secara manual dengan menempatkan jari Anda di arteri yang terletak di sisi leher atau di pergelangan tangan.

Detak jantung istirahat yang normal berkisar antara 60-100 kali per menit. Namun, ini dapat berbeda untuk setiap individu, tergantung pada faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan.

Detak jantung yang lebih rendah dapat menunjukkan kondisi seperti atletis, sementara detak jantung yang lebih tinggi dapat menunjukkan kondisi seperti hipertiroidisme.

Baca Juga: 10 Tanaman Herbal Indonesia yang Wajib Ditanam di Rumah Anda: Solusi Sehat dan Alami untuk Kesehatan Anda

Detak jantung target adalah detak jantung yang Anda harus capai saat melakukan olahraga. Ini dihitung dengan mengurangi usia Anda dari 220.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Live Healthily

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:05 WIB
X