Ini Bahaya Akibat Kurang Asupan Serat Pada Tubuh Anda, Waspadalah

- Jumat, 20 Januari 2023 | 09:05 WIB
bahaya kurang serat untuk tubuh (fhoto:pixlr)
bahaya kurang serat untuk tubuh (fhoto:pixlr)

Indonewstoday - Kekurangan serat pada tubuh dapat mengakibatkan kesehatan pada tubuh kita terganggu,karena asupan serat sangat penting bagi kestabilan kesehatan,ada beberapa menu makanan yang dapat mengurangi resiko itu.

Kurangnya asupan serat dalam makanan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sembelit, sering merasa lapar, kenaikan berat badan, meningkatnya kadar kolesterol jahat, perubahan dalam kadar gula darah, kerusakan pada usus, dan masalah kesehatan jangka panjang lainnya.

Baca Juga: Jangan Panik, Obat Alami Turunkan Demam Anak Anda yang Sangat Ampuh

Serat dalam makanan membantu menjaga sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, serta membantu mengontrol berat badan dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.disini kami berbagi informasi tentang bahaya kurangnya asupan serat pada tubuh.

Direkomendasikan untuk mengonsumsi 25 hingga 35 gram serat setiap harinya.
Untuk mengonsumsi serat yang cukup, Anda dapat menambahkan makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan bahan makanan nabati lainnya ke dalam menu makan Anda.

Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan seperti oat, psyllium husk, atau chia seeds ke dalam makanan atau minuman Anda untuk meningkatkan asupan serat Anda. Ingat untuk mengonsumsi cukup air untuk membantu mengangkut serat melalui usus dan menghindari efek samping seperti sembelit.

Baca Juga: Wow Ternyata Banyak Khasiat Pare untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selain menambah asupan serat dari makanan, Anda juga dapat meningkatkan aktivitas fisik Anda untuk menjaga kesehatan usus dan pencernaan. Latihan aerobik seperti jogging, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan mengurangi risiko sembelit.

Anda juga dapat melakukan latihan kekuatan seperti angkat beban atau yoga untuk meningkatkan tonus otot usus dan meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Syukron Nuryadi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:05 WIB
X