Masih Bingung Perbedaan Keputihan Sebelum Menstruasi dan Kehamilan? Yuk Simak Penjelasan Berikut

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:21 WIB
Ilustrasi Perbedaan Keputihan Sebelum Menstruasi dan Kehamilan (Indonews Today)
Ilustrasi Perbedaan Keputihan Sebelum Menstruasi dan Kehamilan (Indonews Today)

 

Indonewstoday.com - Bagi perempuan keputihan adalah sesuatu yang sering di alami. Keputihan biasa terjadi saat perempuan menjelang datang bulan.

Saat PMS atau pre menstruasi syndrom kadar hormon meningkat sehingga membuat vagina lembab, dan hal inilah yang menimbulkan terjadinya keputihan. Kondisi PMS ini tentunya juga dapat meningkatkan aliran darah di area pelvis sehingga vagina akan banyak terdapat lendirnya.

Pada umumnya, keputihan ini akan terjadi kepada perempuan yang menjelang PMS dengan kadar hormon yang meningkat. Namun, banyak juga kejadian keputihan yang terjadi pada ibu hamil. Bahkan dalam beberapa fakta, bahwa keputihan adalah sebuah tanda awal kehamilan.

Baca Juga: Beri Ceramah di Sesko TNI, Menhan Prabowo: Makin Tinggi Pangkat, Makin Besar Tanggung Jawab

Keputihan yang dijadikan tanda ini yaitu ketika keputihan muncul pada awal minggu kehamilan. Keputihan sebagai tanda awal kehamilan, masih jarang di ketahui oleh sebagian perempuan dan masih menganggap bahwa keputihan adalah awal tanda menstruasi.

 Berikut ini Indonewstoday kutip dari Prenagen.com, bagaimana seorang perempuan dapat membedakan keputihan sebelum haid atau sebelum kehamilan.

Tanda Keputihan Sebelum Haid

Keputihan sebenarnya merupakan tanda yang biasa terjadi pada awal menstruasi dan hal ini biasa terjadi dan normal. Keputihan memiliki manfaat besar salah satunya adalah membawa bakteri dari dalam vagina keluar. Dengan demikian, keluarnya berbagai jenis bakteri yang terdapat dalam vagina membuat vagina tetap sehat dan terjaga dengan baik.

Baca Juga: Wisata Kuliner Bandar Djakarta, Seafood Enak Tak Bikin Kantong Jebol

Ciri utama pada keputihan sebelum haid adalah jumlah volume yang tidak terlalu banyak, yaitu sekitar 4 ml / hari atau sekitar setengah sendok makan. Dengan semakin meningkatnya jumlah hormon esterogen yang diproduksi, maka dalam kondisi normal keputihan ini berupa cairan bening dan bersih.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: prenagen.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X