Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Lemak Dalam Tubuh Anda

- Senin, 5 Desember 2022 | 22:03 WIB
Ketahui Tentang Lemak Tubuh Anda (Indonews Today)
Ketahui Tentang Lemak Tubuh Anda (Indonews Today)

Indonewstoday.com - Ketika Anda berpikir tentang lemak, Anda mungkin membayangkannya sebagai lapisan isolasi tubuh Anda atau penyimpanan kalori ekstra. Tapi lemak memainkan peran yang jauh lebih besar dalam tubuh. Dan jika Anda berasumsi bahwa semua lemak itu tidak sehat, inilah saatnya untuk memperbarui pemikiran Anda.

Lemak ditemukan di seluruh tubuh: di dalam saraf dan tulang, di sekitar jantung dan pembuluh darah, dan bahkan di belakang bola mata. Kami membutuhkannya untuk berfungsi dan bertahan hidup. “Pikirkan lemak sebagai dalang dalam tubuh kita,” kata Silvia Corvera, MD, seorang profesor di UMass Chan Medical School. "Ketika hal-hal memengaruhi lemak, itu memengaruhi seluruh tubuh kita."

Fungsi Lemak

Lemak tubuh, atau jaringan adiposa, adalah organ yang kompleks. Ini mengandung sel lemak, saraf, sel kekebalan, dan jaringan ikat. Tugas utamanya adalah menyimpan dan melepaskan energi, tergantung pada kebutuhan tubuh, kata Susan K. Fried, PhD, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Icahn di Gunung Sinai.

Baca Juga: Rahasia Cara Alami Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Lemak merespons sinyal seperti hormon insulin, yang memberi tahu jaringan adiposa untuk menyimpan lemak. “Ada juga saraf yang berpindah dari otak ke lemak Anda dan berkata, 'Hei, kami tidak punya cukup energi di sini. Bisakah Anda melepaskan sebagian lemak karena sel-sel lain dalam tubuh membutuhkannya?’” kata Fried.

Jaringan lemak juga merupakan pembuat utama hormon, pembawa pesan kimiawi yang berkomunikasi dengan jaringan dan organ di seluruh tubuh. “Ini adalah organ endokrin klasik, yang terbesar di dalam tubuh,” kata Fried.

Hormon yang diproduksi oleh jaringan adiposa mengatur metabolisme dan sensitivitas insulin. Mereka membantu tubuh menggunakan nutrisi secara efisien. Misalnya, ini adalah penghasil utama adiponektin. Hormon ini meningkatkan sensitivitas insulin – hal yang baik untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali – dan mengurangi peradangan. Terlalu sedikit adiponektin dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan penyakit metabolik lainnya.

Baca Juga: Grup Lippo Karawaci Cendana Homes, Launching Hunian Terbaru Yaitu Cendana Essence

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Web MD

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X