• Minggu, 5 Februari 2023

Inilah Penyebab Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil

- Selasa, 29 November 2022 | 14:14 WIB
Penyebab Kadar Hemoglobin (Hb) pada Ibu Hamil Rendah (Indonews Today)
Penyebab Kadar Hemoglobin (Hb) pada Ibu Hamil Rendah (Indonews Today)

 

Indonewstoday.com - Ketika seorang wanita terdeteksi hamil, harus segera memeriksakan diri dan mengontrol kehamilannya. Sebab, Ibu hamil bagi sebagian orang akan merasa sering mengeluhkan pusing, lemas, dan seperti tak bertenaga. Hal ini, bisa saja faktor kadar hemoglobin (Hb) pada ibu hamil ini dibawah nilai normalnya. 

Kemudian ibu akan bertanya-tanya, apakah penyebab Hb rendah pada Ibu hamil? Kehamilan dengan nilai hemoglobin yang rendah akan menimbulkan gangguan kesehatan, sehingga alangkah baiknya jangan disepelekan. Lakukan upaya-upaya yang dapat meningkatkan jumlah hemoglobin pada darah ibu hamil

Kapan Dikatakan Hemoglobin Rendah Pada Ibu Hamil?

Untuk memastikan kadar hemoglobin (Hb) adalah dengan pemeriksaan laboratorium pada darah ibu hamil. Parameter pemeriksaan ini biasa disebut sebagai pemeriksaan hematologi ruin. Hematologi rutin terdiri dari delapan parameter pemeriksaan darah lengkap, diantaranya adalah hemoglobin, hematokrit, leukosit (sel darah putih), erotrosit (sel darah merah), trombosit, MCV, MCH, dan MCHC. 

Baca Juga: Berapa Kadar HB (Hemoglobin) Normal Pada Ibu Hamil

Ibu hamil akan diambil darah dengan cara fungsi fena, pengambilan darah dilakukan oleh tenaga profesional disebut flebotomist. Lengan ibu hamil akan di usap menggunakan kapas steril, kemudian ditusuk menggunakan jarum suntik baik yang berupa syringe atau vakum. 

Jumlah darah ibu hamil yang diambil sampai batas yang ditentukan biasanya 3 mL darah vena pada tabung bertutup ungu. Ketika sudah mencapai batas, petugas akan menutup luka bekas tusukan tersebut. 

Waktu pengerjaan pada pemeriksaan hematologi rutin berkisar 30 menit sampai dengan 1 jam setelah Ibu hamil di ambil darah untuk mengetahui berapa nilai hemoglobin pada ibu hamil.

Baca Juga: Wisata Kuliner Jogjakarta: Sate Kere Beringharjo

Hasil pemeriksaan hemoglobin pada ibu hamil memiliki nilai normal sebagai berikut wanita Dewasa Hamil : 11,0-13,0 g/dL.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X