• Minggu, 5 Februari 2023

Buah Ini Disebut di dalam Al Qur'an, Buah yang Kaya Antioksidan Super

- Senin, 21 November 2022 | 21:30 WIB
Buah Delima yang Kaya Antioksidan Super (freepik.com/author/kamranaydinov)
Buah Delima yang Kaya Antioksidan Super (freepik.com/author/kamranaydinov)

Indonewstoday.com - Sebelumnya buah delima kurang dilirik, seiring waktu buah eksotik dengan isi kemerahan yang punya banyak biji ini menjadi buah yang populer. Apasaja kelebihan dari buah yang mendapat status sebagai superfood ini?

Buah Delima adalah salah satu buah selain kurma dan zaitun yang disebut di dalam Al Qur'an sebagai tanaman yang bermanfaat. Buah yang di luar negeri dikenal dengan nama pomegranate - dari bahasa latin pomum (apel) dan granatus (biji) yang berarti apel berbiji banyak - ini memang sarat khasiat sehat.

Hampir semua bagian tanaman Delima berkhasiat untuk pengobatan  mulai dari daging, buah, biji, bunga, daun, kulit buah, kulit batang, hingga akar delima bisa diramu menjadi obat. 

Baca Juga: Lirik Lagu Mansae (만세) oleh SEVENTEEN Lengkap dengan Terjemahan [ROM/HAN/INA]

Di Indonesia, Delima yang populer sebagai tanaman hias sering diolah sebagai campuran rujak, salad, dijus, atau dikonsumsi segar sebagai buah meja. Jus delima yang dibuat dari biji delima menjadi minuman yang populer di Eropa Timur dan India. 

Delima memiliki bentuk yang berdiameter 5-12 cm. Warna kulitnya beragam, dari hijau keunguan, cokelat kemerahan, hingga ungu kehitaman. Kadang terdapat bercak-bercak yang lebih tua. 

Buah mungil ini memiliki banyak biji. Bijinya kecil-kecil berbentuk bulat panjang yang bersegi-segi. Selain itu agak pipih, keras, tersusun tidak beraturan, garing dan dibalut daging buah berwarna merah yang memiliki rasa asam manis. 

Baca Juga: Semua Anggota IDI Cianjur di Kerahkan Bantu Korban Gempa

Delima berasal dari Eropa tenggara dan Asia. Namun tanaman ini sekarang tersebar di daerah subtropis sampai tropik, dari dataran rendah sampai 1.000 mdpl. 

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Dokter Kita

Tags

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X