• Minggu, 5 Februari 2023

Khasiat Tersembunyi Jeruk Nipis, Ternyata Bisa Sebagai Anti Bakteri dan Anti Kanker

- Minggu, 20 November 2022 | 22:23 WIB
Air jeruk nipis jadikan tubuh lebih bugar
Air jeruk nipis jadikan tubuh lebih bugar

Indonewstoday.com - Jeruk nipis atau Citrus Aurantifolia, sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat Indonesia digunakan sebagai bahan tambahan makanan, juga pengobatan. Dibalik manfaatnya tersebut, ternyata jeruk nipis mempunyai manfaat tersembunyi yaitu sebagai antikanker

Beberapa penelitian mengenai manfaat jeruk nipis sudah dilakukan diantaranya olehRatih dari Fakultas Farmasi UGM tahun 1992. 

Dari penelitiannya, ia menyimpulkan bahwa minyak atsiri yang ada dalam jeruk nipis mempunyai aktivitas menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus pada kadar 20%, 40% dan 80%.

Baca Juga: Resep Bubur Menggunakan Beras Merah Untuk Anak

Sedangkan bakteri lain, seperti Eschericia coli menjadi terhambat pertumbuhannya pada dosis 40% dan 80%. 

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2011 di laboratorium bakteriologi, Balai Karantina Ikan Sidoarjo juga menujukkan bahwa sari jeruk nipis mempunyai daya antibakteri terhadap Aeromonas hydrophilia. 

Berdasarkan hasil uji MIC (Minimum Inhibitory Concentration)  didapatkan konsentrasi minimum yang dapat menghambat  Aeromonas hydrophilia adalah  0,0156 ml dan uji MBC (Minimum Bactericdal Concentration) yang dapat membunuh bakteri  Aeromonas hydrophilia 0,0313 mml. 

Baca Juga: Jungkook BTS Rilis Lagu Dreamers Soundtrack Piala Dunia Qatar 2022. Berikut Lirik dan Terjemahannya

Penelitian lain mengenai senyawa Naringin dan Hesperidin yang ada dalam jeruk nipis yang dilakukan oleh Del Leo dan Del Bosco tahun 2005 menyatakan bahwa kedua senyawa tersebut mempunyai efek penghambat proliferasi  sel kanker, menunda tumorigenesis, dan agen kompreventif karsinogenesis.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X