Berapa Dosis Ideal Pemakaian Obat Paracetamol unuk Anak Demam

- Rabu, 16 November 2022 | 21:24 WIB
Ilustrasi obat syrup (freepik.com/author/8photo)
Ilustrasi obat syrup (freepik.com/author/8photo)

Indonewstoday.com - Banyaknya orangtua yang sudah memahami pertolongan pertama ketika anak demam, misalnya saja orang tua pasti sudah menyiapkan obat syrup paracetamol dalam kotak P3K di rumahnya sebagai antisipasi ketika anak mendadak demam. 

Dalam beberapa kejadian, anak bisa saja tiba-tiba demam. Tentunya hal ini akan membuat orang tua menjadi khawatir dikarenakan anak ketika siang terlihat biasa saja, namun ketika malam anak tiba-tiba demam tinggi. 

Bagi orang tua tentunya pemberian obat paracetamol yang dikenal sebagai obat penurun panas dan pereda nyeri (analgesik dan antipiretik) juga dapat dengan melakukan kompres dan tindakan lainnya untuk menurunkan panas pada anak.

Baca Juga: 4 Wisata Malam Hari di Namsan Tower: Menikmati Indahnya Gemerlap Kota Seoul dari Atas Gunung

Namun, apakah orang tua sudah mengetahui batas-batas pemakaian obat paracetamol yang tentunya sebagai obat memiliki efek samping bagi tubuh manusia. 

Obat paracetamol dapat di beli dengan tanpa resep dari dokter dan dijual bebas. Oleh karenanya, sebagai orang tua harus mengetahui aturan pemakaiannya dengan baik jangan sampai sesuatu hal yang tidak di inginkan terjadi.

Paracetamol tersedia dalam bentuk syrup, tablet, kaplet, tetes, infus dan suppositoria. Namun, yang banyak diperjualbelikan adalah bentuk syrup dan tablet. 

Baca Juga: Wishnutama Sukses Membuat Decak Kagum Pemimpin KTT G20

Pastikan para orangtua untuk membaca label dosis dan aturan pakai pada kemasan obat. Sebab, paracetamol mempunyai dosis yang berbeda-beda untuk bayi di atas 6 bulan, anak-anak, hingga dewasa.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Halodoc, Alodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pentingnya SADARI dalam Deteksi Dini Kanker Payudara

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:14 WIB

HPV DNA: Metode Baru Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Jumat, 3 Februari 2023 | 19:04 WIB
X