Ibu Hamil Rentan Terkena Anemia

- Selasa, 15 November 2022 | 21:31 WIB
Ilustrasi Wanita Hamil Rentan Anemia (freepik.com/author/user15285612)
Ilustrasi Wanita Hamil Rentan Anemia (freepik.com/author/user15285612)

Indonewstoday.com - Ibu hamil termasuk golongan yang rentan sekali terkena anemia. Jika dibiarkan, anemia ini bisa mengganggu kehamilan dan janin pada ibu yang mengandung tersebut. 

Namun demikian, anemia pada ibu hamil bukanlah suatu kelainan artinya jika ibu hamil ini terdiagnosis anemia maka harus segera dilakukan penanganan yang tepat. 

Anemia pada ibu hamil sangat sering terjadi. Hal tersebut terjadi karena pada ibu hamil terdapat peningkatan jumlah eritrosit dan plasma. 

Baca Juga: Kim Keon Hee, Ibu Negara Korea Selatan Yang Pesonanya Bak Artis Korea Viral KTT G20 Bali

Peningkatan jumlah eritrosit dan plasma pada ibu hamil ternyata penting untuk mendukung proses perfusi uteroplasenta, serta meningkatkan margin keamanan sehubungan dengan jumlah perdarahan selama proses persalinan.

Plasma dapat meningkat sebanyak tiga kali peningkatan jumlah eritrosit. Keadaan ini menyebabkan penurunan perbandingan Hemoglobin (Hb) - Hematokrit (Hct) sehingga menyebabkan terjadinya anemia fisiologis dalam kehamilan.

Berdasarkan definisi menurut WHO (World Health Organization), ibu hamil dikatakan anemia jika kadar Hb kurang dari 11 gr/dl pada trimester pertama dan ketiga.

Baca Juga: Segera Disalurkan Dana BOS Pesantren Tahap II Total Sebesar 69,376 Miliar

Kadar Hb yang kurang dari 10,5 gr/dl pada trimester kedua atau Hct kurang dari 32% dikatakannya juga masuk dalam kategori ibu hamil anemia.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Dokter Kita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:05 WIB
X