Tips Untuk Menghindari Ketoasidosis Diabetik

- Rabu, 9 November 2022 | 20:01 WIB
Ilustrasi Penderita Diabetes Mellitus Suntik Insulin untuk Mengontrol Kadar Gula Darah Supaya Tidak Menjadi Ketoasidosis Diabetik (freepik.com/stefamerpik)
Ilustrasi Penderita Diabetes Mellitus Suntik Insulin untuk Mengontrol Kadar Gula Darah Supaya Tidak Menjadi Ketoasidosis Diabetik (freepik.com/stefamerpik)

Indonewstoday.com - Ketoasidosis diabetik terjadi karena penyakit diabetes mellitus yang tidak terkontrol, namun jangan khawatir jika Anda mengikuti anjuran dokter dengan baik Anda akan bisa menghindarinya. 

Menghindari ketoasidosis diabetik memang tidak mudah. Anda harus benar-benar melakukan disipilin ketat terhadap pemakaian obat diabetes dan memilih asupan gizi yang tepat untuk penderita diabetes. 

Terapkan pola hidup yang seimbang adalah cara yang tepat bagi penderita ketoasidosis diabetik.

Baca Juga: Kenali Penyebab dan Faktor Risiko Penderita Ketoasidosis Diabetik

Berikut ini merupakan tips yang dapat menghindari ketoasidosis adalah ;

  • Kontrol gula darah dengan ketat. Periksa kadar gula darah setidaknya satu kali dalah sehari. Pertahankan kadar gula dalam batas yang dianjurkan oleh dokter sedapat mungkin. Pasien diabetes tipe 1 atau diabetes tipe 2 yang terkontrol dengan insulin jangan menghentikan pemakaian insulinnya. 
  • Perhatikan konsumsi karbohidrat, lemak, protein dan gula. Jika memungkinkan cobalah menghitung  jumlah kalori yang masuk, konsultasikan bagaimana cara menghitung kalori dan contoh msaakah dengan ahli gizi. Utamakan makanan yang mengandung serat kadar tinggi, seperti sayuran. 

Baca Juga: Resep Roti Bakar Keju Mayu Camilan Istimewa, Cukup Rp.12.000 bisa Bikin 6 Porsi

  • Tetaplah aktif, jangan hanya diam atau erbaring di temapt tidur. Makin sering Anda bergerak, maka semakin banyak energi yang digunakan, semakin banyak karbohidrat atau lemak yang terbakar. Tapi hindari jenis olahraga yang terlalu berat. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga.
  • Rutin konsultasikan dengan dokter (sebulan sekali), untuk mengetahui kondisi diabetes. Segera ke dokter jika terjadi muntah-muntah dan gangguan makan.

Saat ini, sudah umum sebagai warga negara memiliki kartu BPJS Kesehatan. Manfaatkanlah untuk menghubungi dokter pribadi Anda ketika terjadi suatu hal yang tidak di inginkan. 

Baca Juga: Presiden Joko Widodo Meninjau Lokasi Dihelatnya G20 di Bali

Rasa tidak nyaman mungkin akan timbul saat terjadi pengobatan. Mual dan gejala lainnnya bisa dihilangkan dengan perubahan pola makan atau penggantian obat-obatan yang dapat menimbulkan gejala tersebut.***

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Dokter Kita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Beragam Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Sabtu, 28 Januari 2023 | 06:05 WIB
X