Tragedi Mematikan: Kisah Kecelakaan Kereta Api di India Sejak 1981

- Minggu, 4 Juni 2023 | 20:29 WIB
Tragedi Kecelakaan Kereta Mematikan Odisha, India (Twitter @MsAnushkaShetty / Indonewstoday.com / Imaduddin Badrawi)
Tragedi Kecelakaan Kereta Mematikan Odisha, India (Twitter @MsAnushkaShetty / Indonewstoday.com / Imaduddin Badrawi)


INDONEWSTODAY.COM - Sejak tahun 1981, India telah menjadi saksi dari serangkaian kecelakaan kereta api yang sangat mematikan.

Negara ini telah mencatat sejumlah insiden tragis yang merenggut banyak nyawa. Kecelakaan-kecelakaan ini menyoroti tantangan yang dihadapi oleh sistem transportasi kereta api di India dan pentingnya keselamatan dalam operasionalnya.

Sejak kecelakaan terbesar dan paling mematikan pada tahun 1981 di Bihar, di mana sedikitnya 800 orang kehilangan nyawa, sejumlah tragedi serupa telah terjadi di berbagai wilayah India.

Baca Juga: Tragedi Maut di Odisha: Kecelakaan Kereta Terparah di India dan Dunia

Faktor-faktor penyebab kecelakaan ini bervariasi, mulai dari kesalahan sinyal, banjir, hingga masalah teknis.

Setiap kecelakaan menghasilkan korban yang tak terhitung jumlahnya, meninggalkan duka yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan.

Deretan kecelakaan kereta api ini mencerminkan perlunya upaya yang serius dalam meningkatkan infrastruktur dan keamanan sistem transportasi kereta api di India.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Kereta India, Tewaskan Lebih dari 200 Orang dan 1.000 Terluka

Dalam paparan berikut, kita akan menjelajahi beberapa kecelakaan kereta api paling mematikan yang terjadi di India sejak tahun 1981.

Melalui pemahaman yang lebih baik tentang tragedi-tragedi ini, diharapkan dapat tercipta upaya yang lebih efektif dalam menciptakan sistem transportasi kereta api yang aman dan handal bagi masyarakat India.

 Kecelakaan-kecelakaan ini telah merenggut banyak nyawa. Berikut adalah beberapa kecelakaan kereta api paling mematikan di India:

Baca Juga: Mie Gacoan Purbalingga: Sensasi Mie Pedas No. 1 di Jantung Jawa Tengah!

Bihar Rail Disaster (Juni 1981)

Pada 6 Juni 1981, terjadi kecelakaan kereta api paling mematikan dan terbesar kedua di dunia di Bihar.

Tujuh dari sembilan bogie kereta penumpang yang penuh sesak tergelincir dari jembatan dan jatuh ke sungai Baghmati selama topan di Balaghat, Bihar.

Halaman:

Editor: Imaduddin Badrawi

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X