• Minggu, 29 Mei 2022

Anda Penyuka Serial Upin dan Ipin ? Benarkah Ada Teori Konspirasi Gelap di Balik Kisahnya ?

- Sabtu, 23 April 2022 | 17:23 WIB
gambar tangkapan layar film kartun Upin Ipin
gambar tangkapan layar film kartun Upin Ipin



INDONEWS TODAY - Serial Upin & Ipin sah jika disebut sebagai salah satu tontonan yang digemari anak-anak di Indonesia. Serial yang dikemas dalam bentuk animasi ini, berkisah tentang anak lelaki kembar yang tinggal bersama kakak perempuan di rumah neneknya.

Serial animasi Upin & Ipin ini menveritakan kisah petualangan Upin & Ipin dan kawan-kawannya sehari-hari yang penuh imajinasi.

Namun, dibalik serunya cerita yang disajikan dalam serial ini, terseba rumor juga teori konspirasi yang gelap di balik kisah Upin dan Ipin ini. Serial animasi asal Malaysia ini setidaknya punya dua teori konspirasi yang populer dan sering dibicarakan.

Teori konspirasi pertama adalah teori yang baru saja muncul di awal tahun 2022 tentang "kebenaran" di balik kisah Upin dan Ipin. Teori ini muncul pertama kali karena sebuah video pendek yang menampilkan dua makam kecil bertuliskan Upin dan Ipin di TikTok.

Baca Juga: Pengen Pake Produk Apple ? Bisa Sewa iPhone, Cek Deh Harga Sewanya

Video ini karuan menjadi perdebatan warganet TikTok baik yang mempercayai teori ini sebagai kebenaran atau pun yang meragukannya.

Narasi dalam video tersebut mengatakan bahwa animasi Upin dan Ipin ini diangkat dari kisah nyata yang pilu.

Artikel ini telah tayang di Pikiran-rakyat.com dengan judul " Teori Konspirasi Gelap di Balik Kisah Seru Upin dan Ipin "

Kuburan dalam video yang bertuliskan Upin dan Ipin ini adalah anak kembar yang meninggal karena kecelakaan.

Di nisannya Upin, tertulis tahun 1995 sedangkan di dalam nisan Ipin tertulis tahun 1996. Saudara kembar tersebut meninggal berjarak satu tahun saja.

Baca Juga: Shooting Stars, Drama Korea Terbaru. Simak Lengkap dengan Jadwal Tayangnya

Kejadian ini membuat Hajjah Ainon Ariff, yang tak lain adalah Opa menjadi sangat bersedih. Kematian kedua cucunya tersebut membuat Opa sering mengkhayalkan mereka dengan rupa-rupa kisah.

Imajinasi Opah lah yang menjadi ide awal cerita serial Upin dan Ipin ini. Sebuah kisah pilu yang dijadikan serial animasi yang seru.

Namun, teori tersebut segera dibantah oleh rumah produksi yang membuat serial Upin dan Ipin, Les’ Copaque.

Kisah ini tidak ada kaitannya dengan peristiwa nyata siapa pun dan murni sebuah kisah yang direka oleh Hajjah Ainon Ariff, pengisi suara Opah dalam serial tersebut.

Baca Juga: Anime Paling Legend Yakni Pokeman Sudah Tayang 25 Tahun

Teori konspirasi yang kedua tak kalah memilukan dan berbanding terbalik dengan kisah Upin dan Ipin yang seru dan berwarna.

Kali ini, teori tersebut mengisahkan bahwa Kak Ros mengalami kecelakaan yang mengakibatkannya koma. Saat kecelakaan, Kak Ros memegang dua boneka kembar, yang tak lain boneka Upin dan Ipin.

Kisah Upin dan Ipin inilah yang menjadi imajinasi di alam bawah sadar Kak Ros saat terbaring koma di rumah sakit.

Upin dan Ipin tidak benar-benar nyata. Alih-alih sebagai adik kembarnya yang nakal sekaligus jenaka, Upin Ipin ternyata hanya sebuah imajinasi dari seorang yang sedang koma.

Baca Juga: Nama-nama 12 Kabupaten Kota di Jabar Setop TV Analog 30 April 2022, Panduan Cara Dapatkan Siaran TV Digital

Teori ini juga banyak dibicarakan sebagai latar belakang terciptanya kisah Upin dan Ipin. Namun, teori ini juga tidak bisa dibuktikan kebenarannya.

Terlepas dari kebenaran yang sulit divalidasi, teori konspirasi yang melatarbelakangi sebuah karya membuatnya menjadi menarik untuk disimak, termasuk teori Upin dan Ipin ini.

Bagaimana menurut Anda apakah ada kemungkinan salah satu dari teori ini bisa menjadi sebuah kebenaran?***

Editor: Fauzi Rony

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Bertaut yang dinyanyikan oleh Nadin

Kamis, 14 April 2022 | 14:27 WIB
X