• Minggu, 5 Februari 2023

Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 di Bandung, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Hadir

- Rabu, 7 Desember 2022 | 05:47 WIB
Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 di Bandung, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Hadir (Foto : Diskominfo Indramayu)
Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 di Bandung, Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina Hadir (Foto : Diskominfo Indramayu)

Indonewstoday.com - Hakordia yang diperingati tiap bertepatan pada 9 Desember ialah wujud pemahaman global kalau korupsi merupakan musuh yang nyata serta merugikan. Lewat Hakordia, dunia bergabung dengan korupsi yang melemahkan seluruh aspek kehidupan.

Bupati Indramayu, Hj. Nina Agustina, menghadiri seminar nasional yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 (Hakordia) di Gedung Sate, Bandung , Selasa (12/6/2022).

Tema seminar nasional yang merupakan salah satu kegiatan dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia 2022 adalah “Menciptakan Layanan Publik Bebas Korupsi”.

Baca Juga: Korupsi 34 Miliar BPR Karya Remaja Indramayu, Dua Tersangka S dan D.H

Johanis Tanak selaku pimpinan KPK dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang merugikan masyarakat, bangsa dan negara, oleh karena itu kejahatan korupsi digolongkan sebagai perbuatan manusia yang keji, perbuatan keji terhadap hukum, disebut juga menjadi kejahatan luar biasa.

Sementara itu Plh. Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengungkapkan, korupsi bisa muncul dalam pelayanan publik.

“Reformasi oleh pemerintah sekarang ini di berbagai sektor perizinan publik ini ditujukan agar untuk mengurangi terjadinya peluang korupsi. Perbaikan sistem secara terus-menerus memerlukan dukungan pengawasan yang efektif baik dari badan pengawas internal maupun dari pengawasan eksternal yang melibatkan beberapa lembaga non-pemerintah,” kata Uu Ruzhanul Ulum

Uu Ruzhanul Ulum juga mengajak seluruh elemen bersama-sama melawan korupsi.

Baca Juga: Pembukaan Puncak Hari Anti Korupsi Sedunia Akan DIhadiri Presiden Joko Widodo di Jakarta

Diketahui, Hakordia diperingati setiap tahun pada tanggal 9 Desember, dan seminar ini merupakan salah satu upaya untuk memberikan laporan kepada masyarakat tentang tindakan yang dilakukan oleh KPK atau pelaku antikorupsi lainnya untuk mencegah dan memberantas korupsi.

Halaman:

Editor: Guntur Sapta Perkasa

Sumber: indramayukab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X