• Minggu, 4 Desember 2022

Upacara Sedekah Bumi Desa Widasari di Hadiri Langsung Bpk H. Warnadi (Kuwu Widasari), Rabu 23 November 2022

- Rabu, 23 November 2022 | 08:12 WIB
Upacara Sedekah Bumi Desa Widasari di Hadiri Langsung Bpk H. Warnadi (Kuwu Widasari), Rabu 23 November 2022 (Erik Priana )
Upacara Sedekah Bumi Desa Widasari di Hadiri Langsung Bpk H. Warnadi (Kuwu Widasari), Rabu 23 November 2022 (Erik Priana )

Indonewstoday.com - Upacara Sedekah Bumi adalah salah satu upacara adat yang berupa prosesi seserahan hasil bumi dari Masyarakat untuk alam. Upacara adat ini biasanya ditandai dengan adanya pesta rakyat yang digelar di balai Desa, di lahan pertanian atau juga di tempat-tempat yang dianggap sakral oleh warga setempat.

Seperti warga Desa Widasari Blok Dua RT/RW:01/02, RT/RW:02/02 dan RT:03, Kec. Widasari, Kab. Indramayu telah menggelar upacara Sedekah Bumi yang bertempat di kediaman bapak RW Udin (Pemilik toko IIN).

Baca Juga: Gempa Cianjur, Kemendikbudristek Koordinasi dengan Pemda untuk Pastikan Akses Pendidikan

Diawali dengan sambutan singkat dari Bapak H. Warnadi selaku Kepala Desa Widasari (Kuwu) dan beserta perangkat desa lainnya. Meskipun cuaca agak gelap, tapi tak menyurutkan masyarakat Widasari untuk terus menggelar tradisi adat sedekah bumi yang setiap tahunnya selalu diadakan.

Sedekah bumi adalah upacara tradisional masyarakat untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta atau juga menjadi sarana ucapan terima kasih masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan kepada seluruh masyarakat khususnya warga Desa Widasari Blok Dua.

Baca Juga: Arak-arakan Unjungan Mbah Buyut Suryanegara, Berlangsung Tertib, Aman dan Damai

Upacara Sedekah Bumi ditutup dengan Do'a oleh bapak Kyai Kafrawi (Tokoh sepuh Ulama) setempat.

Turut Hadir
Bpk H. Warnadi (Kuwu Widasari), Kyai Kafrawi (toko sepuh ulama widasari), Bpk Ahmad Qusyaerih (Lebe), Bpk Endi (Lebe), Bpk H. Taufik (Lurah Widasari), BPK H. Amad (tokoh masyarakat & ulama), Bpk Udin (RW), Bpk Kasduri (RT), dan lainnya.

Editor: Erik Priana

Sumber: Kontributor Indonewstoday.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Kota Bekasi, Siapa Yang Belum Tahu ?

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:58 WIB
X