• Minggu, 4 Desember 2022

Klappertaart, Kudapan Populer yang Merambah ke Daerah-daerah di Nusantara

- Jumat, 7 Januari 2022 | 21:48 WIB
Klappertaart, Kudapan Populer yang Merambah ke Daerah di Nusantara (Febri Nur Hidayat/Facebook)
Klappertaart, Kudapan Populer yang Merambah ke Daerah di Nusantara (Febri Nur Hidayat/Facebook)

Indonewstoday.com - Klappertaart atau kalppertaart adalah sebuah makanan/kudapan yang merupakan warisan dari masa kolonial Belanda.

Klappertaart ini sebenarnya terdiri dari dua bahan utama yaitu kue dan kelapa, atau secara harfiah terdiri dari klapper dan tart.

Bagaimanapun juga Klappertaart ini terlihat lebih modern dibandingan dengan produk olahan lokal yang biasanya kaya akan rempah-rempah.

Baca Juga: Kolom Fatwa : Jika Terlambat Shalat Jum'at

Dari segi rasa, mungkin kebanyakan orang tua yang ayah ibu mereka mengalami masa penjajahan di Indonesia tidak akan terlalu menyukai rasa dari kue ini.

Mereka (masyarakat Indonesia) mengenal olahan ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Dimana saat itu tanah Minahasa merupakan wilayah komoditas penghasil kelapa.

Kemudian dari sanalah orang-orang Belanda melihat peluang bisnis di Nusantara ini berkenaan dengan letak geografis yang banyak ditumbuhi pohon kelapa tersebut.

Baca Juga: Pawpaw varietas Maradol, Buah untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Dari kacamata orang Indonesia, penampilan kue satu ini terlihat menawan dengan ciri khas eropa yang biasa menggunakan olahan tepung atau gandum sebagai sumber karbohidratnya.

Halaman:

Editor: Febri Nur Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sejarah Kota Bekasi, Siapa Yang Belum Tahu ?

Kamis, 1 Desember 2022 | 14:58 WIB
X